Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Serut Termahal Di Dunia: Kecantikan dan Kesenangan yang Mahal

Mariternak.com - Bonsai serut merupakan jenis bonsai yang dikenal karena keindahan dan estetika nya yang unik. Hal ini disebabkan oleh cabang-cabang kecil dan percabangan yang padat, serta ukuran yang sangat kecil. Meski ukurannya kecil, ada beberapa jenis bonsai serut yang sangat mahal di dunia. Harga dari bonsai serut ini senilai dengan harta kekayaan beberapa orang di dunia. Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang bonsai serut termahal di dunia dan apa yang membuatnya memiliki nilai yang sangat tinggi.

Bonsai Serut Termahal di Dunia

Bonsai serut adalah sebuah teknik memangkas tanaman sehingga menyerupai sebuah pohon miniatur. Tanaman ini menjadi populer di kalangan pencinta alam dan mulai dijadikan sebagai hiasan dalam ruangan. Namun, ada jenis bonsai serut yang sangat langka dan berharga tinggi, bahkan mencapai jutaan rupiah. Berikut adalah beberapa jenis bonsai serut termahal di dunia.

1. Bonsai Serut Juniperus

Bonsai Serut Juniperus 

Bonsai serut Juniperus merupakan salah satu jenis bonsai yang paling diminati oleh kolektor. Tanaman ini berasal dari Jepang dan merupakan jenis yang paling umum ditemukan di pasaran. Harga bonsai serut Juniperus yang berkualitas dapat mencapai jutaan rupiah.

2. Bonsai Serut Azalea

Bonsai serut Azalea memiliki bunga yang indah dan aroma yang harum. Tanaman ini dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama dan dapat tumbuh dalam kondisi suhu yang dingin. Bonsai serut Azalea menjadi populer di Asia dan memiliki harga yang tidak murah, yaitu sekitar 1,5 juta rupiah.

3. Bonsai Serut Ficus Retusa

Bonsai serut Ficus Retusa memiliki akar yang besar dan menyerupai tentakel. Tanaman ini berasal dari Asia dan memiliki bentuk yang unik dan menarik. Harga dari bonsai serut Ficus Retusa berkisar antara 2 - 3 juta rupiah.

4. Bonsai Serut Lingzhi

Bonsai serut Lingzhi memiliki bentuk yang unik dan menyerupai kayu. Tanaman ini merupakan salah satu jenis bonsai serut yang paling langka dan sulit ditemukan. Sebuah bonsai serut Lingzhi yang berkualitas dapat mencapai harga sekitar 10 juta rupiah.

5. Bonsai Serut Elm Japan

Bonsai serut Elm Japan memiliki bentuk yang indah dan dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Tanaman ini berasal dari Jepang dan merupakan jenis bonsai serut yang langka dan sulit ditemukan. Harga bonsai serut Elm Japan dapat mencapai puluhan juta rupiah.Itulah beberapa jenis bonsai serut termahal di dunia. Bonsai serut merupakan tanaman yang memerlukan perawatan khusus agar tetap dapat bertahan hidup. Jika Anda ingin memiliki sebuah bonsai serut, pastikan Anda merawatnya dengan baik agar tetap tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Bonsai Serut Termahal Di Dunia

Asal Usul Bonsai Serut

Bonsai Serut, atau yang dikenal juga dengan nama Bonsai Tanaman Pelihara, adalah istilah untuk pohon yang dipotong dan diatur agar tumbuh kecil dan miniatur. Istilah "serut" berasal dari teknik yang dilakukan untuk menghasilkan bonsai ini, yaitu dengan meruncingkan akar utama pohon dan memelihara akar kecil yang mendorong pertumbuhan cabang dan daun.Asal mula teknik Bonsai Serut berasal dari Tiongkok pada sekitar 1100 SM dan kemudian dipopulerkan di Jepang. Pada abad ke-14, orang Jepang kemudian mengkombinasikan teknik ini dengan seni pemandangan alam yang dikenal dengan istilah "Landscape Gardening" atau lebih dikenal sebagai "bonsai".

Ciri-ciri Bonsai Serut

Bonsai Serut memiliki ciri-ciri unik yang membedakannya dari jenis bonsai lainnya. Cara penggalian dan pemotongan akar utama yang dilakukan mengakibatkan jumlah dan ukuran daun serta cabangnya menjadi jauh lebih kecil dari pohon aslinya. Biasanya, bonsai serut hanya mencapai tinggi maksimal 30 cm.Bonsai Serut juga dikenal memiliki keunikan dalam bentuknya. Ada beragam bentuk bonsai serut yang tersedia tergantung pada jenis pohon yang dipotong dan cara pembentukannya. Bentuk bonsai serut yang populer antara lain: Shakan, Yang, Morikawa, Bankan, Sokan, dan Bunjin.

Bonsai Serut Termahal

Bonsai Serut terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik dan memiliki nilai sejarah serta kesan seni yang tinggi. Hal ini membuat Bonsai Serut menjadi koleksi yang dicari dan mahal di pasaran. Pada tahun 2019, tercatat ada Bonsai Serut termahal di dunia yang terjual seharga 1,3 miliar yen (sekitar 10 miliar rupiah). Adapun nama latin dari bonsai serut tersebut adalah "Pinus Pentaphylla" atau "Goyomatsuby".Bonsai Serut termahal ini dihasilkan dari proses pembentukan selama lebih dari 400 tahun. Bonsai Serut ini awalnya diyakini tumbuh pada tahun 1610 dan dikatakan dibeli oleh seorang pria bernama Kobayashi seharga 130 ribu yen pada tahun 1970. Kemudian, pada tahun 2019, bonsai serut tersebut terjual ke seorang pengusaha Jepang dengan harga 1,3 miliar yen.

Penyebaran Bonsai Serut

Bonsai Serut merupakan kekayaan budaya Jepang dan mempunyai tempat khusus dalam seni Jepang pada umumnya. Saat ini, Bonsai Serut tersebar di berbagai negara di seluruh dunia. Banyak kolektor yang mencari bonsai serut yang unik dan langka, serta terampil dalam merawatnya agar tetap cantik dan sehat.Di Indonesia, seni Bonsai Serut belum terkenal sepopuler negara asalnya yaitu Jepang. Namun, jumlah kolektor dan penggemar bonsai serut di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Para penggemar Bonsai Serut di Indonesia biasanya berkumpul dalam wadah komunitas bonsai. Gayung bersambut, seiring meningkatnya minat masyarakat atas bonsai serut, maka semakin banyak pula persediaan bonsai serut di Indonesia.

Kesimpulan

Bonsai Serut adalah salah satu jenis bonsai yang unik dan mahal di pasaran. Teknik serut yang digunakan untuk menghasilkan bonsai serut sangat khas dan membutuhkan waktu yang lama. Bonsai serut terkenal dengan kualitas dan estetikanya yang tinggi sehingga menjadi koleksi yang banyak dicari kolektor. Meskipun demikian, Bonsai Serut juga merakyat bagi pecinta bonsai yang memiliki minat terhadap seni bonsai.

Terima Kasih Telah Membaca tentang Bonsai Serut Termahal Di Dunia

Kami berharap artikel ini memberikan informasi yang menarik untuk pembaca tentang bonsai serut termahal di dunia. Jangan lupa untuk merawat tanaman bonsai Anda dengan lembut dan memperkayakan pengetahuan Anda tentang cerita-cerita di balik tanaman ini. Kunjungi situs kami lagi untuk konten yang lebih menarik dan terus ikuti kami untuk artikel-artikel terbaru. Terima kasih!Terima kasih sudah membaca artikel tentang bonsai di mariternak.com sampai akhir. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pembaca yang ingin menekuni hobi bonsai. Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang bonsai, kunjungi link Bonsai untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya. Sekali lagi terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.